Senin, 27 Juni 2011

ledre


di indonesia kita akan dengan mudah menemukan pohon pisang dan memang hampir di manapun di nengri ini pisang bisa tumbuh dengn baik. oleh karena itu pastinya ada kuliner khas daerah yang berbahan dasar pisang. jika biasanya kita tau pisang hanya di jadikan pisang goreng atau cuma di rebus maka di bojonegoro pisang bisa menjadi sebuah kuliner yang ajib dan mak nyus.nama kuliner tersebut adalah ledre, Berbentuk gapit (seperti emping gulung) dengan aroma khas pisang raja yang manis. Sangat tepat untuk teman minum teh atau dan sajian tamu atau untuk oleh-oleh.klik disini untuk resep dan cara membuatnyalain di bojonegoro lain lagi di makasar dan sekitarnya pisang menjadi kuliner yang ta kalah ajib yaitu pisang epek dan barongko.

selain di daerah bojonegoro kita juga bisa menemukan kuliner ini di daerah solo dan ada juga yang bilang kalau ledre juga sebagai kuliner khas dari solo selain serabi tentunya, tapi ga apa-apa saling klaim asal yang ngaku-ngaku bukan "tetangga" sebelah heeeeee.

Perbedaan ledre dengan gapit yaitu ledre lebih halus, lembut dan aroma pisangnya menyengat, sementara gapit agak kasar. selain dari pisang raja ledre juga bisa terbuat dari berbagai pisang misalnya pisang saba, pisang hijau, pisang susu,dll. tetapi yang khas di daerah bojonegoro atau lebih optimalnya dalam membuat ledre yaitu menggunakan pisang raja.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template