Minggu, 12 Juni 2011

es dawet ireng

Dawet ireng adalah minuman berjenis dawet tetapi dengan cendol yang berwarna hitam legam. bagi masyarakat purworejo dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman segar ini.Proses pembuatannya sangat alami yaitu diolah dengan tangan dan tak menggunakan bahan pewarna. Pewarna hitam untuk cendol dibuat dari daun padi kering atau oman dan ada juga yang menyebutnya merang yang dibakar hingga menjadi abu, kemudian abu dicampur dengan air dan menghasilkan warna hitam. Sedangkan cendolnya dibuat dari sagu bukan dari tepung beras seperti cendol hijau biasa dan untuk Pemanis menggunakan gula aren.

dewet ireng akan mudah kita temui di purworejo khususnya di jalan menuju jogja dan jalan menuju arah kebumen.biasa minuman ini banyak di jajakn siang hari dan di bawah pohon rindang di pinggiran jalan.

Ada keunikan dalam penyajian dawet ireng ini, yaitu pemerasan santan dari parutan kelapa langsung yang dapat dilihat oleh pembeli dan jumlah cendol ireng yang jauh lebih banyak dibanding kuahnya (santan dan air gula aren), kemudian ditambah es, dijamin segar dan kenyang!.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template