Senin, 06 Juni 2011

ombus-ombus


meskipun orang lebih mengenal bahwa kue khas medan adalah bika ambon ternyata ada satu lagi kue khas medan khususnya ombus-ombus.ombus-ombus adalah makanan khas tapanuli utara(siborong-borong) terbuat dari tepung beras yang diberi gula ditengah dan dibungkus daun pisang. konon katanya kenapa diberi nama ombus-ombus karena kita harus memberi tiupan (menghembuskan nafas) ketika memakan karena kue ini enak dimakan hangat.

ombus-ombus adalah kue tradisional Batak. Tak jelas sejak kapan penganan ini mulai �membudaya�. Namun pada acara seremonial adat Batak tertentu, biasanya lappet atau ombus-ombus tetap menjadi hidangan sela dibarengi kopi atau teh.Soal rasa tak perlu ditanya. Bagi yang pernah mencicipnya mungkin akan punya pendapat yang berbeda. Tetapi paduan tepung beras dan gula aren akan memberika cita rasa yang unik.

namun kue yang satu ini kurang populer sebagai dagangan jd kita akan sedikit usaha untuk mendapatkanya. tetapi jagn terlalu khawatir karena jika kita mau mencari langsung datang saja ke daerah siborong-borong dan di medan juga sudah ada yang menjual walaupun masih terbatas.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template