Senin, 06 Juni 2011

rujak soto


Rujak Soto adalah masakan khas dari daerah Banyuwangi Jawa Timur Masakan ini merupakan paduan unik antara Rujak Cingur dengan Soto Babat dan bisa di katakan masakan ini lebih tenar dari sego tempong (tentunya jika yang di tanya lnh suka rujak lontong lho...) Klik disini untuk resep rujak soto.Bagi orang yang belum tau pasti akan terasa eneh ketika mendengar nama makanan ini karena ada 2 nama makanan berbeda menjadi sebuah nama makanan baru.Kita akan dengan sangat mudah menemukan makanan ini di banyuwangi (terutama kota) di siang hari tetapi jangan khawatir karena di malam hari tetap saja ada warung rujak soto yang buka seperti di daerah perempatan airlangga.

Biasanya rujak disajikan terlebih dahulu, kemudian disiram dengan kuah soto berikut babatnya. Rujak di Banyuwangi menyerupai lotek di sejumlah kota di Jawa Tengah, yakni campuran sayur-mayur dengan bumbu kacang. Perbedaannya, bumbu kacang untuk lotek biasanya kuat rasa bawangnya, juga dibubuhi sedikit terasi dan jeruk purut untuk penyedap rasa. Sedangkan rujak Banyuwangi cukup dibalur dengan petis. Paduan bumbu kacang tanah dan petis ini cocok betul untuk sayur-mayur.
Setelah rujak selesai di buat barulah di siram dengan kuah soto. Jadi inilah mengapa soto harus sudah jadi dulu.Rasa yang di timbulkan sangat khas karena ada unsur soto sekaligus rasa rujak dengan aroma terasinya.Rujak Soto kadang disajikan dengan Es Temulawak.jadi ketika anda sedang di banyuwangi hukumnya �wajib� mencicipi makanan ini heeeeee......
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template