Kamis, 16 Juni 2011

buntil daun singkong


mungkin kita yang bukan orang banjarnegara lebih mengenal daerah ini dengan es dawet ayunya yang memang segar,padahal ada lagi kuliner khas yang lain yaitu Buntil.buntil biasa dikenal sebagai lauk yang biasa dijajakan di pasar maupun ditawarkan di jalan-jalan oleh pedagang kaki lima. Buntil dimakan untuk menemani nasi.jadi ketika anda sedang berwisata kuliner sepertinya harus mencoba makanan yang satu ini.

Buntil sebenarnya adalah semacam bothok yang dibungkus dengan daun muda singkong dan diberi sedikit cairan kuah pedas yang terbuat dari santan. klik disini untuk melihat resepnya.Isi dari buntil adalah parutan kelapa yang diberi bumbu. Daun pembungkus yang lain yang sering digunakan adalah daun talas atau daun sente. Berbeda dengan bothok, daun pembungkus pada buntil juga dapat turut dikonsumsi.

jika di banjarnegara buntil menggunakan daun singkong sebagai bungkus maka buntil di daerah magelang menggunakan daun talas sebagi pengganti daun singkong, tetapi soal rasa tidak kalah dengan buntil yang ada di banjarnegara.

saking terkenalnya makanan buntil bahkan konon Di daerah Laut Tengah seperti Yunani dan Turki dikenal pula makanan semacam buntil dengan pembungkus daun anggur muda dan diisi dengan nasi,jadi walaupun namaya agak norak ternyata makanan ini juga di kenal di luar negri.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template