Jumat, 03 Juni 2011

kupat tahu


Kupat tahu atau ketupat tahu adalah penganan yang terbuat dari campuran ketupat dan tahu goreng yang dipotong-potong kecil lalu diberi bumbu kacang yang khas. Beberapa penjual menambahkan juga tauge yang sudah direbus tetapi menu kupat tahu di Tasikmalaya biasanya tidak menggunakan tauge sebagai pelengkap.
Banyak penjual kupat tahu yang menulis "kupat tahu singaparna" di gerobak dagangannya. Singaparna adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya yang terkenal dengan rasa kupat tahunya yang lezat dan untuk melihat resepnya klik disini.

selain di tasikmalaya, kupat tahu juga sangat terkenal di magelang jawa tengan.ciri khasnya adalah tahu dan bumbu ketupat diracik langsung di atas piring saat pesanan datang. Tentu saja tahu yang hangat mengepul plus saus yang segar membuat racikan ketupat ini jadi makin enak dan sedap.
Makanan ini terdiri dari potongan ketupat atau kupat, diberi irisan tahu putih goreng, lalu diberi topping tauge dan irisan timun. Kemudian disiram saus kacang yang encer dengan bumbu bawang putih yang tajam dan kuat berikut gerusan cabai rawit segar. Taburan bawang merah goreng, irisan seledri dan kerupuk kanji menjadi pelengkapnya.

Rasa ketupat yang lembut gurih, tahu yang gurih dengan tauge yang segar dan saus yang pedas-pedas, gurih dan manis membuat tahu komplet ini makin enak. Kupat tahu harus dimakan selagi hangat agar rasanya segar dan enak.

Penjual kupat tahu Magelang yang harga per porsinya sekitar Rp. 8.000,00 ini banyak dan mudah ditemui di daerah magelang dan bahkan di Jakarta di daerah jl lenteng agung dan jl lebak bulus.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template