Minggu, 05 Juni 2011

wedang uwuh


wedang adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Minuman ini dinamakan demikian karena bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Wedang uwuh disajikan panas/hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Minuman ini banyak dijual di kawasan makam raja atau lebih di knl dengan pemakaman imogiri. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang.klik disini untuk melihat resep dan cara pembuatannya. Wedang Uwuh ini adalah minuman khas dari daerah bantul tepatnya kecamatan imogiri.
Wedang uwuh memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan karena kandungan bahan-bahannya. Semua bahan-baan dalam wedang uwuh biasa digunakan dalam pengobatan herbal.jahe dipercaya dapat menurunkan kolesterol, serta memperlancar aliran darah. kayu manis mengandung banyak anti oksidan. Serutan kayu manis dan cengkih, adalah herba yang bersifat hangat, juga bisa memberikan aroma sekaligus sensasi rasa yang unik. Daun pala yang mengandung saponin, polifenol, dan flavonoid bermanfaat untuk menghilangkan nyeri, meredakan perut mulas karena masuk angin, melancarkan sirkulasi darah, dan mengatasi gangguan pada lambung.
Komponen penting lain dalam wedang uwuh adalah secang. Herba yang biasa disebut kayu secang (Caesalpinia sappan) ini telah lama dikenal sebagai bahan ramuan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti sifilis, batuk darah, dan radang
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template