Jumat, 27 Mei 2011

tempat makan di solo


Gudeg Ceker
Gudeg ceker adalah makanan khas yang terdiri dari nangka muda, krecek (kulit sapi), telur, daging ayam dan cakar ayam (ceker). Gudeg ceker yang terkenal di Solo adalah Gudeg Ceker Bu Kasno yang tempatnya di pinggir jalan (trotoar) di daerah Margoyudan (dekat dengan SMA 1 Solo, kalau dari Stasiun Solo Balapan ke arah timur). Gudeg Ceker Bu Kasno buka pada malam hari sekitar jam 1 malam sampai pagi jam 5an. Meskipun bukanya malam hari dan tempatnya di pinggir jalan, namun jangan salah, tempat tersebut selalu ramai oleh penikmat kuliner. Oya, informasi juga, supaya masih mendapatkan menu special cekernya, banyak yang menyarankan agar datang sebelum jam 4 pagi karena biasanya setelah jam 4 pagi menu special cekernya sudah habis.


Tengkleng
Tengkleng adalah makanan olahan dengan bahan dasar daging kambing dan cenderung lebih banyak berisi tulang tulang kambing yang memiliki sedikit daging yang menempel pada tulang tersebut, jerohan kambing, mata, pipi, kuping, dll yang diolah seperti gulai (berkuah kental) dan bumbunya sangat terasa. Tengkleng yang terkenal di Solo adalah tengkleng Bu Ediyem di Pasar Klewer Solo. Lokasinya di samping Gapura Pasar Klewer. Dari bahan-bahannya, makanan ini sepertinya kurang cocok untuk yang memiliki masalah kolesterol.


Serabi
adalah semacam pancake yang bahan adonannya terdiri dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sebagai pewangi, dan bahan lainnya yang kemudian dipanaskan dalam suatu cetakan berupa wajan kecil yang kemudian ditutup dengan penutup dari tanah liat supaya serabi mekar. Srabi memiliki tekstur kenyal namun tetap lembut dan rasanya sangat legit. Letaknya srabi ini di sepanjang Jalan Moh. Yamin Notosuman. Toko srabi notosuman yang terkenal adalah Srabi Notosuman Ny Lidia (kotak bungkusnya warna hijau) dan Srabi Notosuman Ny Handayani (kotak bungkusnya warna coklat/merah)

Timlo
Timlo adalah makanan khas Solo yang isinya potongan-potongan daging ayam, jerohan ayam seperti ati ampela, potongan-potongan sosis solo, telur ayam pindang, dengan kuah mirip dengan sop dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Biasanya timlo disajikan bersama dengan seporsi nasi hangat. Timlo yang terkenal di Solo adalah Timlo Sastro yang tempatnya di belakang Pasar Gedhe Solo. Oya, untuk yang bermasalah dengan kolesterol, makanan ini sepertinya kurang cocok juga

Ayam tim Dewi Sri (Ayam tim Bu Better)
Ayam tim Dewi Sri atau yang lebih terkenal dengan sebutan Ayam tim Bu Better merupakan ayam goreng asli ayam kampung yang di tim terlebih dahulu baru kemudian digoreng. Ayamnya disajikan dengan lalapan dan sambal. Ayam tim bu Better tempat utamanya adalah di Jl. Raya Solo-Tawangmangu, Palur, Karanganyar di dekat palang pintu kereta api Palur, namun ada juga cabangnya di dekat lapangan Kota Barat Jl. Yosodipuro Solo.

Ayam Goreng Mbah Karto
Ayam Goreng Mbah Karto terletak di dekat PLN dan Polres Sukoharjo, alamat tepatnya di Jl. Jaksa Agung R. Soeprapto 8, Depan PLN Sukoharjo (kira-kira 10 Km selatan pusat kota Solo). Ayam Goreng di sini menggunakan ayam kampung muda, istilahnya ayam kampung kemanggang, yang digoreng gurih dan disajikan bersama sambal khas yang berbahan dasar kemiri dengan sedikit cabai merah.

Ayam Goreng Tulang Lunak Putro Bengawan
Letak warung makan ini di dekat Taman Satwataru Jurug dekat dengan sungai Bengawan Solo. Di sana ayam tulang lunaknya di goreng kress dan disajikan dengan lalap dan sambal. Tempat makannya lesehan dipinggir jalan yang teduh di dekat sungai bengawan solo.

Rumah makan Adem Ayem
Rumah makan ini menyediakan hampir segala jenis makanan khas Solo dari Gudeg, nasi liwet, timlo sampai makanan modern. Rumah makan ini buka dari pagi hingga malam. Lokasi rumah makan ini di Jl. Slamet Riyadi 342.

Rumah Makan Kusuma Sari
Rumah makan ini menyediakan berbagai macam makanan seperti selat segar dan gado-gado hingga menu masakan china, steak, serta bermacam-macam ice cream. Letak rumah makan kusuma sari ini di Jl. Slamet Riyadi (dekat dengan perempatan Nonongan).

tempat makan lain yang juga saya rekomendasikan:

  • soto kambing jakarta --->dekat GOR bhineka
  • timlo sastro----> belakang pasar gede
  • tahu kupat masji solikhin---> dekat hotel sahid
  • galabo ---> arah ke daerah beteng
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template