Kamis, 23 Juni 2011

lempok


Setelah sebelimnya kita sudah sering mengupas kuliner jajanan dari pulau jawa maka saatnya kita melihat dan mencoba kuliner jajanan khas dari luar pulau jawa.Kali ini kita akan melirik kuliner khas kota Pontianak, yaitu " Lempok ". Lempok hampir sama dengan dodol garut hanya saja lempok ini di buat dari durian dan dimasak dengan api besar dan kuali di atas tungku yang menyala-nyala sebagai mana layaknya dodol di masak. Tapi kali ini bahannya adalah buah Durian, sedikit berbeda memang Durian memiliki bau yang menyengat, dan itu menjadi sangat khas.hanya saja kuliner yang satu ini bisa dibilang sedikit menguras kantong karena ketersediaan bahan baku yang musiman, tapi bagi pecinta kuliner sejati iu bukan menjadi masalah kan,heeeeeeee

Lempok Pontianak terbuat dari daging buah Durian yang di campur gula dan dimasak hingga menjadi adonan dodol, lalu di bentuk balok persegi panjang. Dan di kemas rapi di dalam kertas minyak lalu di bungkus lagi dengan plastik khusus. Inilah yang membuat kualitas Lempok Pontianak terjaga karena bahan dasarnya adalah Durian murni khas Pontianak dan gula murni tanpa campuran lain.

Lempok Durian tidak hanya ada di Pontianak, kuliner ini ada hampir di seluruh daerah masyarakat melayu. Seperti Sumatra, Malaysia, Kalimantan, dan lain sebagainya. Namun ada yang khas dengan lempok di Pontianak,yaitu kualitasnya.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template