Sabtu, 25 Juni 2011

lapa-lapa


indonesia sangat kaya akan kuliner yang ajib dan mak nyus, di setiap daerah pasti mempunyai kuliner khas masing-masing walaupun biasanya ada yang sedikit mirip tetapi soal rasa pasti berbeda dan pastinya semua enak.kali ini kita coba angkat kuliner khas dari buton sulawesi tenggara, makanan itu adalah lapa-lapa mempunyai rasa yang guri dan enak, apalagi dikonsumsi dengan ikan kaholeonarore (ikan asin) semakin menambah selerah makan.

kuliner ini jika di jawa mungkin lebih di kenal dengan lepet / lepat,tetapai cara memasak lapa-lapa berbeda dengan lepet/ lepat karena jika lapa-lapa berasnya dimasak bersama-sama santan, sampai setengah matang lalu diangkat. Kemudian didinginkan, dan selanjutnya dibungkus dengan bale (janur). Setelah itu direbus kembali sampai matang. Supaya rasanya lebih guri, lapa-lapanya dikukus agak lama.

kesamaan lapa-lapa dan lepet mungkin sama-sama mudah di temukan saat lebaran tiba karena lapa-lapa seperti menjadi menu wajib bagi setiap orang di buton saat datangnya lebaran sama seperti lepet yang jadi menu wajib selain ketupat tentunya.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template