Minggu, 05 Juni 2011

lontong balap

Dari nama saja makanan yang satu ini sudah sangat unik dan langsung membuat penasaran, lontong balapan.lontong balap adalah salahstu makanan khas dari surabaya selain rujak cingur.terdiri dari lontong,tauge,tahu goreng,lentho,bawng goreng,kecap dan sambel. klik disini untuk melihat resep dan cara membuatnya.

Ada banya versi cerita tentang asal mula nama lontong balap,ada yang menyebutkan karena dahulu yang jualan makanan ini banyak yang tinggal di pinggiran kota, jadi kalau mau jualan mesti "lomba" menaikan dagangan mereka ke dalam kereta dan pastinya menimbulkan kesan seperti balapan.sedang versi lain ada yang mengatakan karena dulu yang jualan Lontong Balap kemana-mana jualannya pake gentong besar yang dipikul. Karena berat, jadi jalannya musti cepet2 kayak org balapan.

ga penting kita percaya versi yang mana yang lbh penting adalah rasa makanan ini sudah pasti lezat dan nikmat dan yang tidak kalah penting lagi adalah sudah pernah belum kita makan lontong balap.jika kita sedang di surabaya penjual lontong balap yang sudah terkenal yaitu lontong balap garuda p gendut letaknya di daerah jl kranggan tepatnya di dekat bekas bioskop garuda.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template