Rabu, 15 Juni 2011

dawet jabung


jika sebelumnya saya telah menampilkan dawet hitam atau dawet item dari purworejo dan Mungkin juga selama ini kita lebih mengenal dawet ayu Banjarnegara. Tapi jangan salah, di Ponorogo ada satu desa yang sangat terkenal dengan dawetnya, yaitu Desa Jabung. Letaknya sekitar 7KM selatan kota, antara Jeruk Sing � Jetis, dekat dengan Pondok Modern Darussalam, Gontor, Ponorogo dan jika dari madiun kira-kira sekitar 40 KM.maka dawet ini di sebut dengan dawet jabung.

dawetnya sendiri terbuat dari tepung aren yang kemudian dibentuk seperti lazimnya bentuk dawet kebanyakan. Kuah dawetnya terdiri dari santan kelapa muda yang ditambah dengan gula aren dan sedikit garam. Untuk memperkaya rasa, maka biasanya ditambahkan tape ketan dan irisan buah nangka. Semuanya dimasukkan salam satu mangkok kecil dan ditambah dengan es batu..

Dawet Jabung cocok dinikmati dalam segala suasana, terutama ketika terik matahari,layaknya sajian segar lainya, dawet jabung ini juga sangat cocok di santap saat musim panas seperti sekarang ini.

untuk masalah harga dawet ini juga terbilang murah apalagi jika memakai kacamata orang kota.karena di setiap warung dawet ini menyediakan gorengan sebagai teman jd tidak ada salahnya andajuga mencicipinya karena harga nya juga sangat murah, sekitar Rp.500.jadi Kalau ke Ponorogo, jangan lupa mampir ya....
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template