Jumat, 10 Juni 2011

tiwul


singkong bagi sebagian besar masyarakat indonesia biasa di jadikan makanan alternatif selain beras, tetapi di sebagian besar gunungkidul singkong sudah sejak dulu dijadikan makanan pokok.dengan melalui beberapa proses singkong dapat dijadikan makanan dan di antaranya dapat di jadikan tiwul.
selain di gunungkidul tiwul juga biasa di konsumsi masyarakat daerah selatan jawa seperti pacitan dan wonogiri.Tiwul dibuat dari gaplek. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya mencegah penyakit maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang.

karena sekarang tiwul sudah tidak menjadi makanan utama bagi sebagian masarakat maka sekarang tiwul disulap menjadi cemilan dengan ditambahi parutan kelapa sehingga lebih gurih.makanan yang awalnya di kenal sebagai makanan orang desa sekarang menjadi oleh-oleh yang khas dari gunungkidul dan sekitarnya.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template