Jumat, 15 Juli 2011

semanggi


Mungkin ketika orang di tanya kuliner khas dari surabaya pasti langsung menyebut rujak cingur, lontong balap atau rawon, tidak salah memang tetapi mungkin kurang lengkap. ada satu lagi kuliner khas surabaya dan kuliner ini sekarang memang sudah sulit untik di temukan. namanya adalah semanggi.kok kaya nama jembatan di jakarta ya.....

Semanggi adalah kuliner yang berbahan dasar daun semanggi atau bahasa latinnya marsiela crenata. sepintas kuliner ini mirip dengan pecel, tetapi pada pembuatannya semanggi tidak menggunakan nasi atau lontong sebagai teman menyantapnya dan pada bumbu sambalnya menggunakan tambahan petis. Yang lebih unik lagi adalah cara memakannya tidak menggunakan sendok, melainkan menggunakan krupuk puli, krupuk yang terbuat dari nasi.

Pada umumnya penjual semanggi yang asli berasal dari daerah benowo surabaya bagian barat. biasanya di jajakan dengan berkeliling dan mirip dengan penjual jamu gendong, menggunakan gendongan dan penampilan mereka biasanya menggunakan kebaya klasik.

Secara penampilan mungkin kuliner yang satu ini memang tidak spesial dan mungkin malah biasa saja, tetapi bagi para pecinta kuliner sejati yang penting kan rasanya, iya kan...... jadi ketika anda sedang di surabaya harus mencari dan mencoba kuliner khas ini.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template