Jumat, 22 Juli 2011

swike

Kali ini kuliner yang akan saya tampilkan adalah kuliner khas dari purwodadi. Menurut saya makanan ini sedikit extrim, karena bahan dasar dari makanan ini adalah kodok. Kodok yang digunakan bukan sembarang kodok, hanya kodok sawah dan itupun hanya bagian paha sang kodok.nama kuliner ekstrim ini adalah swike.

Mungkin bagi kebanyakan orang ( termasuk saya ) akan ngeri dan mungkin jijik, tetapi bagi sebagian warga purwodadi dan mungkin anda swike adalah biasa. Sebenarnya swike merupakan salah satu olahan daging kodok gaya Cina yang menggunakan bumbu utama tauco. Kuah yang kecokelatan dan paha kodok biasanya dilengkapi dengan sambal rawit plus taburan kucai atau daun bawang.

Sebenarnya kuliner ini sangat kontroversial, ada yang bilang haram tapi tidak sedikit yang bilang kalau swike adalah kuliner yang halal. Kalau saya sih terserah aja, bagi yang bilang halal yo monggo tetapi yang bilang haram juga silahkan, bukankah semua kembali ke diri masing-masing. hanya saja buat yang beagama muslim tidak ada salahnya kan bersikap hati-hati.

Jika diantara para pembaca ada yang ingin mencoba masak dan membuat swike silahkan klik disini. saya coba hadirkan resep dan cara membuat swike khas purwodadi.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template