Senin, 25 Juli 2011

kue thimpan

Indonesia memang negara yang sangat kaya akan keanekaragaman kuliner, satu daerah saja pasti memiliki jajanan khas lebih dari satu, seperti di aceh ini. Sebelumnya saya sudah menhadirkan ayam tangkap dan kopi aceh yang sangat terkenal, maka kini tiba giliran kue thimpan.Timphan adalah kue/hidangan khas Aceh disaat lebaran/hari raya baik hari raya Idul fitri maupun Idul Adha, Timphan ini dibuat 1 atau 2 hari sebelum lebaran dan daya tahannya bisa mencapai lebih kurang seminggu,Timphan adalah menu hidangan utama buat tamu yang berkunjung kerumah saat lebaran.

Bagi orang Aceh baik yang berada di Aceh sampai seluruh dunia tiada yang tidak mengenal nama kue/adonan yang satu ini,karena sudah menjadi tradisi turun temurun dan rahasia umum di Aceh bahwa yang namanya Timphan setiap ibu-ibu atau wanita di Aceh bisa membuatnya.

Timphan yang merupakan makanan lembek berbalut daun pisang muda ini yang paling terkenal adalah Timphan rasa srikaya. Sebelum menjelang lebaran bisanya ibu-ibu sudah menyiapkan daun pisang muda baik memetik di kebun atau beli dipasar.

Sebentar lagi tiba saat lebaran, jadi ini saat yang tepat buat anda yang mau mencicipi jajanan khas ini. Tetapi bagi anda yang jauh dari aceh tidak perlu khawatir tidak bisa mencicipi jajanan khas aceh ini karena kami telah siapkan resep dan cara membuat kue thimpan disini. jadi silahkan anda mencoba dan semoga sukses.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template