Selasa, 05 Juli 2011

asinan bogor


kali ini kita akan sedikit membahas tentang kuliner khas indonesia yang sehat dan merupakan kuliner khas dari bogor jawa barat. nama kuliner tersebut adalah asinan atau lengkapnya asinan bogor.Kuliner ini merupakan hidangan sehat, kaya antimikroba dan antioksidan. Asinan juga mengandung zat penangkal kanker dan hipertensi, serta membuat awet muda dan bebas osteoporosis.

asinan bogor ini jika di barat mungkin hampir mirip dengan salad dan di Korea mirip dengan kimchi. Dan untuk memperkenalkan "salad" khas indonesia, beberapa hotel berbintang juga telah menyajikan asinan sebagai salah satu menu unggulan dessert.

sebenarnya asinan tidak hanya ada di bogor walaupun memang yang paling terkenal adalah asinan bogor, asinan juga terdapat di beberapa daerah. Di daerah Banten terkenal masakan rabeg, yaitu sejenis gulai kambing yang dimasak seperti sup. Masyarakat Betawi juga mempunyai asinan khasnya yang dikenal dengan asinan betawi.

Asinan bogor terdiri atas tiga jenis, yaitu asinan buah, asinan sayuran, dan asinan campuran. Asinan buah komponennya, yakni nanas yang diiris tipis melintang dipotong empat, buah salak, jambu air, ubi jalar yang diiris tipis-tipis bundar melingkar, bengkuang yang dipotong dengan irisan tidak beraturan, dan kedondong yang dipotong memanjang.

Komponen asinan sayur bogor adalah sawi asin yang dipotong melintang, bawang kecil yang telah diasinkan, bengkuang, irisan melintang ketimun, taoge, tahu kuning yang diiris bentuk segitiga, dan diberi segenggam daun antanan.

Pilihan lain dari asinan bogor adalah asinan campur yang merupakan campuran antara asinan buah dan asinan sayur, Bumbunya hampir menyerupai asinan betawi yang menggunakan campuran gula merah, cuka, dan terasi.

Membuat asinan tidaklah sulit. Jika Membuat sendiri di rumah tentu akan terasa lebih nikmat karena dapat memodifikasi jenis buah atau sayur sesuai selera. Umumnya sayuran yang biasa digunakan adalah kol yang diiris tipis, wortel, ubi jalar merah, bengkuang, pepaya mengkal, ketimun, dan kacang tanah goreng.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template