Kamis, 14 Juli 2011

brongkos


Tidak salha jika yogyakarta menjadi salahsatu tempat tujuan liburan dan berwisata, selain memang di jogja banyak sekali tempat yang bagus dan eksotis, jogja juga mempunyai banyak kuliner khas yang ajib dan pastinya unik. kita pasti sudah mengenal gudeg, sate klatak dan ada lagi yang namanya oseng-oseng mercon, maka kuliner lain dari jogja yang satu ini bernama brongkos. brongkos adalah kuliner yang seperti gule tetapi lebih kental dan menggunakan bumbu dasar kluwek.

Jika di pemalang ada grombyang yang merupakan perpaduan antara soto dan rawon, maka brongkos adalah perpaduan antara gule dan rawon. Karena kekentalannya, brongkos terasa lebih nendang. Seringkali brongkos � kebanyakan dibuat dari daging sapi dan koyornya � juga diberi kacang merah, sehingga memberi tekstur yang sangat khas.

Cara membuat kuliner yang konon menjadi salah satu favorit sultan HB X ini sebenarnya susah-susah gampang. klik disini untuk melihat resep dan cara membuatnya. tetapi jika kita tidak mau susah-susah membuat sendiri, di daerah jl magelang, tepatnya di bawah jembatan kali krasak ada warung brongkos yang terkenal dan konon sudah bukak dari taun 60-an lho.... namanya adalah warung ijo bu padmo. jangan salah masuk lho, karena sekarang banyak yang jualan juga di daerah situ.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template