Senin, 18 Juli 2011

Gabus pucung


Betawi atau yang leih kita kenal jakarta sekarang memiliki banyak sekali kuliner khas. kita pasti tau kerak telor dan ketoprak, kedua makanan tersebut mungkin adalah yang paling di ketahui oleh banyak orang sebagai kuliner khas jakarta. unuk itu kali ini saya mencoba menyuguhkan kuliner khas betawi lainnya yang masih jarang di ketahui oleh masyarakat umum,, kuliner khas itu bernama gabus pucung atau sayur gabus pucung.

Bumbu utama sayur gabus pucung adalah buah pucung atau keluwek. Buah keluwek berbentuk lonjong berukuran sedikit lebih besar dari jengkol dan berkulit keras. Jika dibuka, terdapat biji buah keluwek berbentuk daging buah berwarna cokelat tua kehitaman. Orang Jawa Timur dan makasar sangat akrab dengan keluwek karena salah satu makanan khas daerah itu, yakni rawon dan konro.


karena memakai pucung atau kluwek sebagai bumbu utamanya, maka sudah pasti kuah dari gabus pucung ini berwarna kehitam-hitaman, seperti pada rawon dan juga sup konro. rasa ikan gabus yang lembuat akan terasa makin nikmat ketika bercampur dengan kuah hitam dan menyatu di mulut kita.

Pada zaman dulu kuliner ini sangat populer dan sangat di minati, tapi sekarang kita akan sedikit susah untuk menemukan kuliner yang satu ini. Dari sedikit tempat yang masih menyediakan kuliner lezat ini ada di Jakarta Selatan, di Jalan Mohamad Kafi II Nomor 21, RT 11 RW 8, Srengseng Sawah, Jagakarsa. Di daerah ini ada satu warung yang sangat terkenal dengan masakan gabus pucungnya.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template