Senin, 21 Mei 2012

resep soto sadang

Disini saya coba hadirkan resep dan cara membuat soto sadang khas purwakarta. Pada dasarnya resep soto sadang hampir sama dengan resep soto lamongan dan juga resep soto kudus, hanya saja sedikit perbedaan terletak pada bahan dan juga takaranya.

Semoga resep soto sadang yang saya hadirkan ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita tentang kekayaan kuliner indonesia. Resep yang saya hadirkan ini telah saya sesuaikan dengan selera lidah saya, jadi silahkan anda sesuaikan dengan slera anda masing-masing.


Bahan:
  • 250 gram daging sapi tanpa lemak (bisa di ganti daging ayam)
  • 2 batang bawang daun diiris, seledri secukupnya
  • 2 buah tomat, cuci dan potong-potong besar
  • 5 siung bawang merah, diiris tipis
  • 5 siung bawang putih, diiris tipis
  • Emping secukupnya
  • kaldu sapi secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis
  • air secukupnya
  • garam secukupnya

cara membuat:
  1. Rebus daging sapi hingga matang, lalu setelah dingin potong kotak-kotak kecil, atau disuir-suir sesuai selera
  2. Rebus air, masukkan bawang merah, bawang putih.
  3. Masukkan daging sapi yang telah dipotong2 tadi ke dalam rebusan air.
  4. Masukkan juga tomat, bawang daun, kaldu sapi dan garam.
  5. Aduk pelan-pelan dan masak hingga matang.
  6. sembari nunggu matang, gorengemping. agar emping lebih gurih dan renya taburkan sedikit garam ke dalam minyaknya.
  7. Sajikan dengan perasan jeruk nipis, seledri dan emping di atas soto sadang.
Untuk 5-6 porsi. (resep masakan indonesia)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template