Senin, 28 Mei 2012

palubasa

palubasaNgomongin kuliner makasar rasanya kita pasti menyebut coto makasar sebagai salah satu kuliner yang paling terkenal, makasar memang identik dengan masakan ini. Ini terjadi karena memang makanan ini banyak terdapat di luar makasar. Tetapi kali ini saya tidak akan membahas coto melainkan saya akan coba hadirkan kuliner makasar lainnya yang tidak kalah nikmat, nama kuliner ini adalah palubasa.

Dari segi arti bahasa palu bisa berarti masakan dan basa berarti basah, jadi palubasa secara kaku bisa di sebut masakan basah atau bisa juga di artikan masakan berkuah. Sesuai dengan namanya bentuk masakan ini memang berkuah dan bisa di bilang kuah dari palubasa hampir mirip dengan coto makasar. Kuah kaldu yang di masak bersamaan dengan kacang sampai hancur dan masih lagi di tambahkan dengan parutan kelapa yang di sangrai membuat kuah palubasa sangat gurih dan nikmat.

Daging yang biasa di gunakan adalah daging sapi atau kerbau dan juga jeroannya.
walaupun palubasa terbilang mirip dengan coto, pada dasarnya �mereka� berdua berbeda . di antara yang mambedakan adalah jika pada coto di makan bersama dengan ketupat, palubasa di nikmati dengan nasi putih seperti pada soto lamongan dan soto kebanyakan. Perbedaan lainnya adalah pada bumbu dasarnya.

Kenikmatan yang di hasilkan dari bumbu-bumbu rempah pada palubasa konon membuat ketua KPK menjadikan palubasa adalah salah sau kuliner favorit beliau. Jauh sebelum menjadi ketua KPK, beliau suah menggandrungi masakan ini. Hampir tiap hari beliau menikmati palubasa, terkadang saat sarapan atau saat makan siang dan seringnya beliau makan bersama-sama dengan teman dan koleganya. Ini seperti yang di katakan oleh seorang penjual palubasa yang terkenal di makasar.

Membuat palubasa terbilang sedikit rumit dan bumbu yang di gunakan juga bermacam-macam, tetapi disini saya akan coba hadirkan resepnya. Tidak ada salahnya kan anda coba. Buat yang tinggal di makaasar dan sekitarnya andatidak harus masak untuk bisa menikmati palubasa tetapi buat yang jauh dari makasar silahkan coba resep yang saya hadirkan. (resep masakan indonesia)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template