Sabtu, 19 Mei 2012

dorokdok

dorokdokKabupaten Garut Jawa Barat, ternyata tidak hanya mempunyai dodol dan sambel cibiuk sebagai kuliner khas. Garut juga memiliki beragam kuliner khas yang unik dan menarik untuk dicoba, Salah satunya adalah kerupuk kulit dorokdok. kuliner yang satu ini sangat cocok sekali untuk di jadikan oleh-oleh.

Dorokdok adalah salah satu jenis makanan berbahan dasar kulit kerbau. Mungkin jika di daerah lain terutama jawa timur cemilan yang satu ini biasa di sebut rambak tetapi bahan yang di gunakan adalah kulit sapi. Walaupun bentuk dari cemilan ini simpel, Cara pembuatan kerupuk kulit dorokdok ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Proses pembuatan kerupuk renyah ini melewati beberapa tahap dan memerlukan waktu berhari-hari, serta sangat bergantung pada cuaca.

Kulit yang yang di gunakan untuk membuat dorokdok tidak dari sembarang kulit kerbau, hanya dari kulit kerbau muda yang di gunakan.kulit kerbau muda di gunakan karenalebih mudah di olah dan rasa yang di hasilkan juga lebih enak. Untuk membuat krupuk dorokdok ini memakan waktu beberapa hari dan bahkan sangat tergantung dengan cuaca.

Dorokdok adalah jenis cemilan yang sangat pas di nikmati bersama mie ayam dan bakso, tetapi di gado saja juga enak. Jadi saat anda sedang berada di garut rasanya tidak ada salahnya untuk membeli darokdok sebagai oleh-oleh orang tersayang. (resep masakan indonesia)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template