Selasa, 15 Mei 2012

paniki

panikiRasanya tidak ada habisnya ketika kita coba membicarakan kekayaan kuliner yang ada di indonesia, dari aceh sampai papua semua memiliki keanekaragaman kuliner yang luar biasa. Di indonesia kia bisa menemukan kuliner yang berbahan dasar �wajar� dan juga kuliner yang berbahan dasar �tidak wajar� atau bisa di bilang kuliner extrim. Sebelumnya saya pernah menghadirkan sate ulat yang ada di papua dan kini saya akan coba hadirkan kuliner extrim lainnya tetapi kini kuliner khas manado, namanya adalah paniki.

Mungkin buat sebagian orang ketika di tanya kuliner khas manado yang terlintas pertama adalah bubur manado, padahal di manado terdapat kuliner khas lain yang bernama paniki. Paniki sendiri adalah sebutan untuk kalelawar, jadi paniki adalah masakan yang berbahan dasar daging kalelawar. Biasanya sebelum di masak kalelawar di bakar terlebih dahulu untuk menghilangkan bulunya.

Ketika kita sedang berada di manado akan dengan sangat mudah menemukan paniki ini, di pasar-pasar tradisional banyak sekali di jual paniki yang nantinya bisa di olah menjadi berbagai macam masakan. Jadi buat anda yang suka kuliner extrim rasanya patut untuk mencobanya. Bagi yang erada di luar manado kita bisa menemukan kuliner extrim ini di warung makan khas manado yang sekarang banyak terdapat terutama di kota-kota besar.

Tetapi buat sebagian orang paniki ini di hukumi haram dan tidak boleh di makan, semua terserah anda karena anda pasti lebih tau dari pada saya tentang hukum haram atau halal, kalau saya sendiri tidak mau mencobanya karena ngeri dan saya tidak yakin dengan ke halalannya. Disini saya hanya sekedar berbagi tentang betapa kayanya indonesia. (resep masakan indonesia)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template