Jumat, 11 Mei 2012

empal gentong

empal gentongCirebon lagi-lagi �memaksa� saya untuk menampilkan salah satu makanan khas-nya. Sebagai salah satu provinsi di jawa barat, cirebon memang memiliki ekayaan kuliner yang sangat beragam Setelah sebelumnya saya hadirkan nasi jamblang, nasi lengko dan yang lainnya kini giliran empal gentong yang akan coba saya hadirkan. empal gentong sendiri adalah makanan khas Cirebon sejenis soto tetapi lebih kental dan Cara makannya pun tak jauh beda dengan soto, yakni dimakan campur dengan lontong atau nasi.

Mungkin Yang membedakan empal gentong dengan soto adalah alat masaknya yang unik, yakni menggunakan gentong. Selain itu, makanan ini umumnya dimasak menggunakan kayu bakar. Selain alat memasaknya yang khas, empal gentong juga memiliki sambal yang punya cita rasa tersendiri. Sambal yang super pedas dan berbahan dasar cabe rawit yang dikeringkan ini membuat rasa maupun aromanya benar-benar khas dan menggugah selera makan.

Sesuai dengan namanya bahan utama dari empal gentong adalah empal atau juga jerohan sapi yang di masak dengan santan kental. Empal gentong adalah menu wajib yang harus di cicipi saat sedang berada di cirebon selain nasi jamblang tentunya, Ini karena memang dua makanan ini yang paling populer dari cirebon.

Bagi orang cirebon yag pergi merantau, menyantap empal gentong bukan hanya bisa menjadikan perut kenyang tetapi juga bisa untuk mengobati rasa kangen kampung halaman. Untuk itu saya akan coba hadirkan resep dan cara membuat empal gentong disini.(resep masakan indonesia)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template