Kamis, 24 Mei 2012

resep sate maranggi

Kali ini saya akan hadirkan resep dan cara membuat sate maranggi salah satu kuliner khas purwakarta, resep yang saya hadirkan ini saya ambil dari beberapa sumber dan telah saya sesuaikan dengan selera lidah saya sendiri, jadi silahkan anda sesuaikan dengan lidah anda masing-masing.

Semoga resep yang saya hadirkan ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita tentang kekayaan kuliner indonesia. Jika anda sudah mencobanya jangan lupa ngundang saya untuk mencobanya....


Bahan :
  • 1/2 kg daging has dalam, potong-potong kecil.
  • 100 gram lemak sapi, potong-potong kecil.
  • Sedikit minyak goreng
  • kecap manis secukupnya
  • tusuk sate secukupnya

Bumbu Halus:
  • 1 sendok makan ketumbar
  • Garam secukupnya
  • gula merah secukupnya, disisir halus.

Bahan Sambal Oncom:
Bahan:
  • 1 ons oncom, haluskan
  • � liter air

Bumbu Halus :
  • 3 butir bawang merah
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 2 buah cabai merah keriting
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya
  • 2 cm kencur
  • 1 cm jahe

Cara membuat :
  1. Rendam daging dan lemak sapi kedalam campuran bumbu halus, minyak goreng, dan kecap manis. Remas-remas sampai rata lalu diamkan 1 jam dalam lemari pendingin.
  2. Tusuk-tusuk daging dan lemak secara bergantian dan bakar sampai matang sambil dioles sisa bumbu rendaman.
Membuat sambal oncom:
  1. Rebus air dan bumbu halus sampai mendidih. Tambahkan oncom. Masak sampai matang.
  2. Sajikan sate dengan sambal oncom dan pelengkapnya.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template