Senin, 28 Mei 2012

resep palubasa

Saya akan coba hadirkan resep dan cara membuat palubasa, salah satu kuliner khas makasar. resep palubasa ini Sedikit sulit membuat palubasa (menurut saya) tetapi tidak ada salahnya saya hadirka ini, semoga bermanfaat dan makin menambah pengetahuan kita tentang kekayaan kuliner khas indonesia.

Resep ini saya ambil dari beberapa sumber dan telah saya sesuaikan dengan lidah saya, jadi selamat mencoba dan kalau sudah masak jangan lupa panggil saya untuk ikit nyobain masakan anda juga, heee.... oh ya untuk daging dan jeroannya tidak harus sama persis dengan yang saya tulis.

Bahan:
  • 1 ons daging sapi
  • 1 ons hati sapi
  • 1 ons babat
  • 1 ons jantung sapi
  • 1 ons usus sapi
  • 1 ons limpa
  • Minyak goreng seperlunya.

Haluskan:
  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 1 sdm ketumbar
  • � sdt jinten
  • � biji pala
  • 3 cm jahe
  • Garam secukupnya

Bahan lain:
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 3 cm kayu manis
  • 5 buah cengkeh
  • Sedikit gula merah,sisir halus.
  • 700 m air kaldu dari rebusan daging sapi
  • 50 gram kelapa parut sangrai, haluskan sampai berminyak
  • 50 ml air asam jawa

Cara Membuat:

  1. Rebus daging sapi dan jeroan secara terpisah sampai empuk dan matang.
  2. Potong-potong daging dan jerohan. Sisihkan.
  3. Tumis bumbu yang sudah halus bersama lengkuas, serai, kayumanis, cengkih, dan gula merah sampai harum dan matang.
  4. Masukkan daging sapi dan jerohan, aduk rata.
  5. Tuang air kaldu, masak dengan api kecil sampai mendidih.
  6. Tembahkan kelapa sangrai dan air asam. Aduk dan masak sampai bumbu meresap dan kuah kental.
  7. palubasa siap di hidangkan dan di santap.

Untuk 5-6 porsi

Tips n trik:
Cara memasak babat adalah didihkan air, masukkan babat dan rebus selam �10 menit, angkat lalu kupas kulit yang hitamnya. (resep masakan indonesia)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template