Senin, 23 April 2012

nasi lengko

nasi lengkoCirebon tidak hanya terkenal dengan hidangan khas nasi jamblang. Saat anda sedang berkunjung atau sekadar melintas kota di pesisir utara Jawa itu, cobalah sensasi nasi lengko atau warga cirebon menyebutnya sega lengko. Meski sama-sama berbahan dasar nasi, penyajian dan lauk lengko berbeda dengan nasi jamblang. Saya coba hadirkan salah satu masakan khas cirebon ini setelah saya di �ingatkan� oleh sule saat ovj main di cirebon belum lama ini.

nasi lengko sebenarnya mirip dengan nasi pecel madiun atau pecel pada umumnya. Isinya berupa nasi yang di atasnya diberi irisan kecil timun, taoge, daun bawang, irisan tempe, dan tahu. Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang lumayan pedas beserta taburan bawang goreng dan irisan daun kucai.

Kelezatan nasi lengko sebenarnya terletak pada rasa pedas sambalnya. Namun untuk yang tidak suka pedas, jangan khawatir. Tuang kecap di atas sambal sesuai selera. Rasa kecap manis bercampur sambal dijamin lezat di lidah. Lebih afdol lagi bila disantap bersama kerupuk dan biasanya juga terdapat sate kambing muda.

Saat sedang berada di cirebon sepertinya anda haruss mencoba masakan khas yang satu ini walaupun sudah sedikit sulit menemukannya. Dari yang sedikit itu terdapat sebuah warung yang tedapat di jl pagongan kota cirebon. Hanya dengan Rp 7000 kita sudah bisa mendapatkanseporsi nasi lengko lezat. (resep)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template