Selasa, 09 Agustus 2011

mie golosor

Bogor merupakan salah satu kota yang memiliki banyak sekali kuliner, kita mungkin lebih dulu mengenal asinan, tales, laksa dan lain-lain yang berada dalam daftar kuliner indonesia. dari sekian banyak kuliner khas bogor, ada beberapa yang hanya bisa kita temukan saat ramadan yaitu mie golosor. Tetapi sebenarnya mie golosor ini berasal dari sukabumi tetapi tenar dan terkenal di bogor. jadi sebenarnya ini kuliner khas mana ya?

Mie golosor adalah sebuah mie kuning yang masih bisa di olah menjadi beberapa jenis masakan dan memiliki tekstur kenyal seperti spageti terbuat dari paduan tepung kanji dan berwarna kuning bening. mie golosor merupakan mie yang sangat dicari sebagai santapan untuk berbuka puasa oleh masyarakat Bogor.



Hampir setiap sudut pasar di Kota Bogor terdapat penjual Mie Golosor. Mie ini menjadi hidangan pembuka saat buka Puasa. Teksturnya yang kenyal dan bewarna kuning bening memberikan daya tarik untuk mencicipinya. Biasanya Mie Golosor itu disajikan sebagai mie goreng. Dengan bumbu sederhana, seperti merica, dicampur bawang putih, bawang merah dan penyedap rasa, mie sudah bisa dinikmati bersama keluarga.



Selain dijual mentah, beberapa ibu-ibu dan pedagang jajanan juga menjual mie dalam bentuk siap saji. Mie yang kebanyakan dibuat sebagai mie goreng ini selalu saja dicari dan dibeli.



Selain disajikan menjadi mie goreng. Mie Golosor juga dibuat bentuk kerupuk. Kerupuk berbentuk lingkarang ini, cukup nikmat dimakan dengan campuran bumbu kacang pedas. Peminat kerupuk mie juga hampir sama dengan mie Golosor.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template