Senin, 01 Agustus 2011

kue bandros

Sukabumi, kota nan sejuk di selatan Jawa Barat. Mungkin kesejukan identik dengan aneka makanan enak. Nah tak salah kiranya bila diasumsikan demikian. Sukabumi memang pada kenyataannya dipenuhi oleh aneka makanan lezat yang siap menggoyang lidah para pemburu kenikmatan perut. Cukup mudah dicapai dari ibukota, sekitar 4 jam perjalanan, Sukabumi menawarkan pesona kuliner yang unik. Seakan tidak pernah mati, di malam hari pun Sukabumi tetap dimeriahkan oleh aneka jajanan, mungkin udara yang sejuk ini jadi pemicunya.

Salah satu kuliner khas kotanya desi ratnasari ini adalah kue bandros. makanan ringan (cemilan) ini mirip kue pancong (kue pukis) yang terbuat dari terigu campur tepung beras, kelapa dengan bumbu garam dan gula. Sebenarnya kue bandros ini tidak hanya di kenal di sukabumi saja, tetapi sekarang di daerah ciamis dan bandung kita juga bisa menemukan jajanan yang garing di luar dan mempunyai rasa dominan gurih ini.

Jika kita sedang berada di sukabumi dan pada malam hari, pasti kita akan dikejutkan oleh kerumunan orang yang berkumpul di depan sebuah warung. Lautan manusia sedang merubung penjaja makanan khas Sukabumi, yaitu bandros. Kue pukis raksasa yang menjadi teman bandrek, kopi, atau sekedar minum teh. Pokoknya sangat cocok untuk menemani udara sejuk Sukabumi. Jangan ditanya saat malam minggu, kerumunan ini bisa meluber sampai ke tepi jalan.

Untuk bisa membuat kue ini tidak susah, bahan-bahan yang di gunakan sangantlah simpel dan mudah kita temukan. Kita hanya harus menyiapkan kelapa, tepung beras, garam dan sedikit minyak. Klik disini untuk melihat resep dan cara membuatnya. Tetapi jika anda langsung mau menyantapnya tanpa harus membuat sendiri juga sah dan boleh-boleh saja. harga untuk bisa menyantap salah satu kuliner khas ini terbilang sangatlah murah, dengan Rp.1000 kita sudah mendapatkan 3 biji bandros hangat. ini kalau belum naik lho harganya heeeee.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template