Minggu, 14 Agustus 2011

gulai tepek ikan

letak provinsi Jambi yang berdampingan dengan provinsi Sumatra Selatan dan Sumatra Barat langsung maupun tidak langsung, turut memengaruhi kuliner di provinsi Jambi. Lokasi sejumlah daerah di Jambi yang berdekatan dengan laut, membuat ikan, udang, dan belut otomatis menjadi kuliner andalan.

Salah satu kuliner khas Jambi yang patut anda cicipi adalah Gulai Tepek Ikan. Gulai Tepek Ikan yang berbahan dasar ikan gabus ini merupakan makanan bersejarah dan hanya dihidangkan pada momen penting, seperti perkawinan, kenduri, acara adat dan jamuan menyambut tamu istimewa. dan selain gulai tepek ikan ini jambi juga memiliki tempoyak sebagai kuliner khas yang lain.

Gulai Tepek Ikan merupakan kuliner khas Jambi yang mirip dengan pempek Palembang namun yang berbeda adalah adonan Tepek-nya yang ditambah kuah Gulai dan nanas. Untuk membuat bahan tepek ikannya, anda perlu menyiapkan ikan gabus giling, tepung sagu, bawang putih, garam dan air secukupnya. Lalu haluskan bawang putih dan garam, kemudian campur dengan ikan gabus giling dan tepung sagu. Lalu uleni hingga adonan bisa dibentuk bulat memanjang.

Kemudian rebus adonan tepek hingga matang. Sedangkan untuk kuah gulai, anda perlu menyiapkan kemiri, bawang merah, bawang putih, serei, kunyit, lengkuas, jahe, cabai merah, adas manis, santan kelapa, nanas, garam dan gula. Pertama, tumis semua bumbu, kemudian setelah wangi, masukkan adas manis. Lalu angkat dan haluskan semua bahan yang ditumis tadi. Untuk lebih jelasnyua silahkan klik disini.

Gulai Tepek Ikan akan lebih nikmat jika dinikmati bersama dengan nasi Gemuk. Nasi Gemuk termasuk kuliner favorit di Jambi yang mirip nasi uduk yang ada di Jakarta. Nasi ini terbuat dari beras, yang dicampur dengan santan, daun pandan, daun salam dan daun jeruk, yang kemudian diaron lalu dikukus hingga sejam. anda bisa menemukan uraian tentang nasi gemuk lebih lengkap disini.

Bagi anda yang tertarik menikmati Gulai Tepek Ikan dan Nasi Gemuk, anda bisa menikmati kuliner ini di berbagai rumah makan yang ada di kota- kota di Jambi. Untuk menikmati satu porsi Gulai Tepek Ikan dan Nasi Gemuk, anda cukup mengeluarkan uang sebanyak Rp.10.000- 15.000.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template