Kamis, 04 Agustus 2011

roti jala

Roti jala atau roti kirai adalah salah satu kuliner khas melayu yang banyak dijual saat Ramadan. Makanan tersebut merupakan kuliner khas Tanjungpinang kepulauan riau. Selain rasanya yang khas, harga satu porsi kuliner ini pun relatif murah. Pada saat bulan ramadan seerti sekarang ini kita akan dengan mudah menemukan pedagang yang menjual makanan ini dan biasanya harga yang di tawarkan untuk satu porsi roti kirai dalah Rp5000 dan pada hari pertama dan kedua Ramadan ini bisa laku banyak.

Kuliner ini sebenarnya adalah jenis kuliner yang berasal dari india atau timur tengah yag di adopsi oleh indonesia dan menjadi roti jala. Selain di tanjung pinang, roti jala juga di kenal oleh warga aceh dan biasanya warga aceh menggunakan kari kambimg dan buah nanas sebagai teman makan roti ini.

Bahan yang di butuhkan untuk membuat makanan khas tersebut adalah campuran tepung terigu dan telur yang dimasak tipis dan dikirai menjadi seperti jala serta diacak-acak. Kemudian roti jala atau roti karai di tambahkan kuah kari (kambing atau ayam)atau kuah gulai khas Melayu, Tetapi tidak terlalu kental.

Bagi kita yang baru mengerti kuliner ini, maka akan mengira bahwa roti jala ini adalah dadar telur. Ini disbabkan karena memang sekilas bentuk roti jala seperti telur dadar dan memang bahan yang di gunakan adalah telur. untuk lebih jelas melihat resep dan cara membuatnya silahkan klik disini.

Karena makanan ini sangat jarang dan susah kita temukan di hari-hari biasa maka saat ramadan seperti sekarang ini tidak boleh kita lewatkan. Selain lezat, roti jala juga cukup mengenyangkan. jadi pas dan cocok untuk menu berbuka puasa kita bersama orang terkasih kita.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template