Sabtu, 06 Agustus 2011

telur mimi

Menyambut bulan puasa ada yang berbeda di daerah Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, bertempat di depan masjid agung kaliwung di adakan sebuah tradisi yang dikemas dalam wisata kuliner halal Tukudher. Disini terdapat banyak sekali jenis kuliner khas ramadan yang bisa kita temukan, salah satu yang paling di cari dan menjadi favorit warga adalah telur mimi.

bagi masyarakat Kaliwungu kendal ibadah puasa rasanya kurang lengkap jika tidak makan telur ikan mimi itu. Telur ikan mimi hanya disajikan setiap menjelang bulan puasa dan Warga rela berdesak-desakan untuk mendapatkan kuliner khas tersebut. Pasalnya, jika mereka datang terlambat, dipastikan tidak kebagian telur mimi dan terpaksa menunggu setahun lagi. Jadi telur mimi ini adalah menu buka puasa "wajib" bagi warga kendal khususnya kaliwungu.

Kuliner yang hanya akan kita temui saat ramadan ini berasal dari ikan mimi, sejenis ikan pari dan mungkin hanya ada di kaliwungu kendal jenis kuliner ini. Dalam bahasa lokal telur mimi disebut dengan ndog mimi. cara membuatnya sebenarnya sangat simpel, kita hanya membutuhkan kelapa, beberapa bumbu masak standar dan tentunya telur ukan mimi. Telur ikan mimi yang sudah masak dikerok dari cangkangnya, kemudian dicampur dengan parutan kelapa muda yang sudah dibumbui.

Makanan telur ikan mimi yang hanya dibuat pada Ramadan mempunyai rasa yang khas, gurih, lezat, pedas dan menggugah selera makan. dan yang tidak kalah penting lagi adalah harga jualnya pun cukup terjangkau. Dengan menyediakan uang sebesar Rp5.000-Rpl0.000 per porsi, hidangan telur ikan mimi cukup untuk porsi makan dua hingga tiga orang.

Jadi bagi kita yang melewati kendal saat mudik tidak ada salahnya untuk mampir ke kaliwungu dan merasakan sensasi makan telur ikan mimi yang hanya ada setahun sekali ini.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template