Rabu, 10 Agustus 2011

sotong pangkong

kekayaan kuliner indonesia memang tidak boleh di ragukan lagi, itu bisa kita lihat saat ramadan datang. setiap daerah di Indonesia pasti memiliki atau sajian khas selama bulan yang penuh makanan enak ini. Sebelumnya dalam daftar kuliner indonesia kita sudah menulis tentang bagar hiu di bengkulu, mie golosor di bogor, telur mimi di kendal dan bongko kopyor di gresik maka sekarang kita akan sedikit menyebrang, tepatnya di pontianak.Di sana juka akan kita temukan kuliner khas yang banyak di temukan saat ramadan, yaitu sotong pangkong. sotong pangkong adalah salah satu makanan tradisional berupa cumi kering yang dibakar.Rasa makanan satu ini sangatlah gurih dan pengolahannya pun sedikit unik. Setelah dibakar cumi atau sotong dipukul - pukul menggunakan palu.



Mungkin bagi kita yang belum pernah tau kuliner ini akan sedikit tertawa mendengar namanya, iya memang bagi saya pun ini termasuk nama yang unik. kenapa bisa makanan ini dinamakan sotong pangkong ternyata adalah karena cumi atau sotong yang akan di masak terlebih dulu di pukul-pukul atau dalam bahasa pontinak di pangkong. Maka dari itu Warga Pontianak menyebutnya Sotong Pangkong, cumi yang di pukul-pukul.



cara membuat kuliner ini terbilang sangat unik dan sangat tradisional. sebelim cumi di pukul-pukul terlebih dulu cumi di keringkan dan dibakar, membakarnya pun menggunakan arang. Disinilah letak kenikmatannya, aroma yang di timbulkan akan berbeda jika membakarnya dengan kompor minyak atau yang lain. Dan tujuan dari cumi yang di pukul-pukul adalah agar supaya cumi menjadi lebih gurih saat di santap.



Setiap Ramadhan di beberapa jalan di Pontianak kita akan menemukan banyak pedagang kecil yang menyajikan kuliner khas Pontianak ini. sotong pangkong banyak peminatnya slain karena rasanya yang lezat juga karena harganya pun cukup terjangkau. Satu porsi sotong pangkong dihargai antara 4 hingga 15 ribu rupiah.



Sotong pangkong akan terasa nikmat bila dimakan dengan saos cabe dan cuka sehingga rasanya lengkap dari manis, asin, gurih dan pedas. Penggemar sotong pangkong atau cumi kering pangkong ini beragam dari anak kecil, remaja hingga orang tua. Mereka selalu menyempatkan diri mencicipi sotong pangkong ini sebab hanya bisa ditemukan setiap bulan Ramadhan.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template