Minggu, 14 Agustus 2011

brongko

Berbagai minuman dan jajanan khas Ramadhan selalu bermunculan saat memasuki bulan puasa. Begitu juga dengan di kampung Islam Kepaon, Denpasar, bali ada sebuah minuman khas Ramadhan yang selalu menemani waktu berbuka puasa dari tahun ke tahun.

Minuman bernama brongko ini, selain rasanya enak, juga sangat cocok untuk berbuka puasa karena kandungan rempah-rempahnya mampu menyegarkan tubuh yang lelah seusai beraktivitas seharian. brongko ini bukan dan tidak sama denga barongko lho..... walau namanya hampir sama. (lihat dalam daftar kuliner indonesia untuk bisa menemukan apa itu barongko).

Brongko memang pas untuk menu buka puasa kita, aroma segar yang di timbulkan oleh kayu manis membuat segar dan memulihkan tnaga kita setelah seharian puasa. selain itu yang tidak kalah penting adalah harga brongko yang sangat murah. Satu bungkus brongko dijual Rp 1.000

Bagi Anda yang berada di luar Bali tak perlu khawatir datang jauh-jauh ke Kampung Islam Kepaon untuk mencari brongko. Karena proses membuat brongko ini cukup mudah, Anda bisa mencobanya di rumah.

Pertama-tama, tepung kanji dicampur pewarna makanan dan air secukupnya. Kemudian diaduk dan dibentuk bulat kecil-kecil seukuran kelereng. kedua adalah membuat kuah brongko. Rebus air dengan daun pandan dan gula pasir secukupnya. Lalu campurkan pewarna makanan dan rempah-rempah, yakni pala, kayu manis, dan cengkeh. Setelah tercampur, masukkan santan secukupnya ke dalam rebusan. Jika sudah mendidih, bulatan kecil yang berasal dari tepung kanji tadi dimasukkan ke dalam rebusan kuah brongko. Setelah matang, brongko siap disajikan.

Brongko lebih enak disajikan dalam keadaan dingin dengan dimasukkan ke dalam lemari es sebelum disantap, Rasanya enak manis, segar. Bagi Anda yang penasaran, selamat mencoba di rumah.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template