Minggu, 07 Agustus 2011

bongko kopyor

Berburu kuliner untuk berbuka adalah salah satu kegiatan warga di setiap menjelang waktu magrib. hampir di seluruh daerah di indonesia kita akan dengan mudah menemukan pasar ramadan yang menjajakan aneka kuliner untuk berbuka dan pasti ramai, begitu juga yang ada di daerah gresik jawa timur. Di sini juga terdapat beberapa pasar ramadan yang pastinya menyediakan berbagai makanan khas ramadan, tetapi yang menjadi favorit warga gresik ini adalah bongko kopyor.

Bongko Kopyor merupakan salah satu hidangan khas buka puasa. Selain lezat, hidangan yang di bungkus daun pisang ini terlihat tradisional dan dipercaya berkhasiat memulihkan stamina tubuh, setelah seharian menahan diri dari lapar dan dahaga. karena rasanya manis, legit dan segar, sehingga bongko kopyor sangat tepat disantap saat buka puasa.

Bongko Kopyor adalah kepanjangan dari bubur nangka dan kelapa kopyor. Menu kuliner spesial ini menggunakan bahan baku tepung terigu, buah kelapa, pisang, nangka, santan kelapa, dan roti tawar. bongko kopyor ini juga termasuk dalam daftar makanan khas indonesia, yaitu asli dari gresik.

Sama dengan telur mimi di kendal dan roti jala di tanjung pinang, Bongko Kopyor, juga hanya tersedia saat bulan suci ramadhan. Karena itu, setiap bulan Ramadhan, sebagian besar warga membuat Bongko Kopyor atau membeli dari pasar kaget. Membuat bongko kopyor tidaklah sulit dan bahan-bahan yang di gunakan juga mudah kita temukan. Jadi jika anda ingin mencoba membuatnya sendiri maka silahkan klik disini dan temukan resep bongko kopyor lengkap dengan cara membuatnya.

Bongko Kopyor, hingga kini masih menjadi menu spesial buka puasa terutama, mereka yang tinggal di daerah manyar atau pesisir pantai. Bagi sebagian warga , belum lengkap rasanya jika berbuka puasa tanpa menikmati kesegaran menu yang konon telah ada sejak ratusan tahun silam tersebut. Harga jualnya pun bervariasi, mulai dari 3 ribu rupiah, hingga 5 ribu rupiah, bergantung ukuran kemasannya.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template