Jumat, 06 April 2012

Juhu Kujang

Sebagai sebuah suku yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, makanan khas dayak sangat dipengaruhi oleh bahan-bahan yang tersedia di sekitar hutan. Beberapa makananDayak tradisional yang masih menggunakan bahan tradisional seperti: sayur rotan muda (juhu singkah) dan juhu kujang ( gulai keladi). Untuk itu sekarang saya akan coba hadirkan juhu kujang sebagai salah satu makanan khas dayak.
Juhu kujang adalah makanan yang berbahan dasar keladi, Gulai keladi diberi santan. Terkadang keladi bila dimasak terasa gatal, maka untuk menghilangkannya keladi dibersihkan, direbus dengan diberi garam secukupnya hingga mendidih dan kemudian airnya dibuang. Setelah itu ikan yang telah dicampur bumbu-bumbu, santan kelapa, keladi, ditambahkan daun nangka muda yang telah dipotong kecil-kecil tujuh lembar lalu diletakkan di atas api hingga matang. Apabila daun nangka muda tidak ada, penghilang gatal dapat diganti kerak nasi.

Juhu kujang ini adalah jenis sayuran, jadi menyantapnya tetap menggunakan nasi dan lauk pauk jika ada heeee. Mungkin dahulu makanan khas dayak kurang bervariatif kaena keterbatasan alat, tetapi kini seiring perkembangan jaman makanan khas dayak sudah sangat bervariatif dan bermacam-macam.Anda dapat melihat daftar kuliner kalimantan dan indonesia lengkap disini
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template