Jumat, 20 April 2012

sate kalong

sate kalongCirebon adalah salah satu daerah di jawa barat yang memiliki banyak sekali kuliner khas. Sudah pernah saya tampilkan nasi jamblang yang nikmat, tahu gejrot yang ajib dan tentunya mie koclok yang bikin lidah bergetar yang kesemuanya itu adalah kuliner khas dari cirebon. Kali ini saya akan coba hadirkan lagi kuliner khas cirebon yang bernama sate kalong.

Bagi sebagian besar orang pasti akan mengira bahwa sate kalong adalah sate yang menggunakan daging kalong (kalelawar), ternyata itu salah besar. Sate ini sebenarnya terbuat dari daging kerbau yang dihaluskan dengan cara ditumbuk. Di sebut dengan sate kalong konon karena para penjualnya hanya keluar saat sore hingga malam hari saja seperti kalong. Ada ada saja.....

Cara berjualan sate kalong ini terbilang unik dan bagi yang baru pertama melihat akan jadi sedikit seram sebab selain jualannya malam hari, kita juga akan mendengar suara-suara �aneh� dari kolonongan atau krincingan yang di gunakan untuk memanggil para pembeli.

Cara penyajian sate kalong adalah daging kerbau yang sudah di olah dengan bumbu-bumbu di tusuk dengan sujen dan biasanya ada dua macam rasa sate kalong yang lazaim, yaitu manis dan asin. Banyak orang yang bilang kalau rasa sate kalong ini hampir mirip dengan dendeng.(resep)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template