Kamis, 12 April 2012

horok-horok

kuliner jeparaProvinsi jawa tengah yang beribukota semarang memiliki banyak sekali kuliner khas yang nikmat, kita pasti tau lumpia di semarang dan masih banyak lagi. kini giliran saya coba hadirkan kuliner khas dari jepara. Sajian Kuliner Jepara sangat dipengaruhi oleh budaya Jawa yang gemar menyantap makanan yang mengandung santan dan Salah satu kuliner jepara yang paling khas adalah Horok-horok. Horok-horok adalah jenis makanan ringan yang terbuat dari tepung pohon aren. Horok-Horok adalah makanan yang tergolong langka, di karenakan Horok-horok umumnya hanya ditemukan di Jepara, Sulit bahkan tidak dapat ditemukan di luar Jepara.

Horok-horok adalah makanan yang unik, bukan hanya karena rasanya tetapi jg karena cara membuatnya yang menggunakan sisir rambut dan bentuknya menjadi mirip dengan gabus atau sterofom yang kenyal dan sedikit asin. Cara membuatnya secara garis besar setelah tepung aren dibersihkan, kemudian dikukus hingga matang. Setelah didinginkan, jadilah horok-horok dengan tekstur kenyal.

Walaupun Horok-horok termasuk makanan yang termasuk langka, kita akan dengan mudah menemukannya saat ramadhan, ini karena horok jadi salah satu takjil atau makanan pembuka sebagai teman minum teh. jadi waktu yang tepat untuk menemukan makanan ini adalah saat bulan ramadhan dan hanya bisa anda temukan di jepara.
Horok-horok dapat dimakan dengan kuah soto, bakso, gulai, dan sayur pecel dan dapat juga di jadikan seperti bubur. Dan makan horok-horok juga sangat kenyang, ini karena karbohidrat yang terkandung di dalamnya termasuk tinggi.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template