Kamis, 26 April 2012

sate padang

sate padangNgomongin masakan khas indonesia idak lengkap kalau tidak menyebut padang. Ibu kota provinsi sumatra barat ini adalah salah satu daerah di indonesia yang keanekaragaman kulinernya sangat terkenal seantero negeri, bahkan di dunia. Rendang adalah salah satu masakan khas padang yang mendunia, bahkan termasuk masakan paling enak di dunia, namun kini saya akan coba bahas masakan khas padang lainnya yang tentunya tidak kalah nikmat namnya adalah sate padang.

Di indonesia banyak sekali varian sate dan semua memiliki ciri khas masing-masing, kita pasti tau sate madura, di jogja ada sate klatak dan masih banyak lagi. Padang juga memiliki masakan khas sate yang tidak kalah nikmat namanya sate padang. Sate Padang sebenarnya adalah sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatra Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman.

Jika kebanyakan sate menggunakan daging kambing atau ayam sebagai bahan utamanya maka Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan). dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas.

Dari ke tiga varian sate padang yang ada memiliki ciri masing-masing, Sate Padang Panjang memiliki kuah sate yang cenderung lebih sedangkan sate Pariaman kuahnya lebih berwarna merah untuk rasa jelas berbeda (sate pariaman lebih pedas) . nah kalau sate padang bisa di bilang perpaduan dari kedua sate di atas. Untuk penyajian hampir sama dengan sate pada umumnya, sate barua akan di bakar saat ada pesanan. lihat resep sate padang disini
Keberadaan sate padang ini mudah kita temukan terutama di kota-kota besar di indonesia, ini menjadi bukti kalau memang salah satu masakan khas padang ini sudah mendapat tempat di lidah penikmat kuliner indonesia. Jadi bagi para penikmat sate rasanya anda harus mencoba kalau belum pernah mencobanya, bagi yang sudah pernah ya ajak temennya untuk mencoba. (Resep dan masakan khas indonesia)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template