Minggu, 22 April 2012

bir pletok

bir pletokSebagai ibu kota negara, jakarta memiliki kekayaan kuliner yang sangat luar biasa, Kita pasti tau ketoprak dan juga kerak telor. Kini saya akan coba hadirkan salah satu minuman khas jakarta yang unik dan asli jakarta, namanya adalah bir pletok minumannya orang betawi asli.

Walaupun mengandung kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol jadi halal. Bir pletok adalah minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah-rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Agar warnanya lebih menarik, orang Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas.

Karena bir pletok terbuat dari berbagai rempah-rempah maka minuman ini juga di percaya berkhasiat untuk memperlancar edaran darah dan masih banyak lagi. Ini salah satunya adalah karena di dalam bir pletok terdapat juga jahe yang memang sangat terkenal berkhasiat untuk tubuh.

Waktu yang tepat menikmati bir pletok sama adalah saat malam hari atau saat udara terasa dingin, sama dengan waktu yang tepat untuk menikmati ronde di solo. Jadi saat sedang berada di jakarta tidak ada salahnya mencicipi minuman yang satu ini.(resep)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template