Minggu, 29 April 2012

ikan kuah kuning

ikan kuah kuningIndonesia sangatlah kaya dengan keanekaragaman kulinernya, dengan luas negara dan juga beragamnya suku yang ada membuat indonesia adalah surganya kuliner. Dari aceh sampai papua terbentang banyak sekali masakan enak,Tetapi mungkin kita sedikit sulit menemukan apa sebenarnya masakan khas dari papua, selain papeda tentunya. Setelah sedikit mencari-cari akhirnya saya menemukan satu lagi masakan khas papua, namanya adalah ikan kuah kuning. Tidak seperti sate ulat sagu (salah satu masakan khas papua) yang cukup ekstrim ikan kuah kuning ini jenis makanan yang bisa di terima oleh perut saya heee....

Sesuai dengan namanya, ikan kuah kuning adalah sebuah masakan yang berbahan dasar ikan dan berkuah kuning. Ikan kuah kuning adalah teman dan juga pasangan wajib dari papeda, dimana ada papeda disitu ada ikan kuah kuning.

Berbahan dasar ikan cakalang atau tuna, ikan kuah kuning akan dengan mudah kita temukan di warung-ewarung makan yang ada di papua yang menjual papeda, jadi saat anda sedang ke papua sepertinya anda wajib menikmati ikan kuah kuning ini, karena kalau anda menikmati ikan kuah kuning anda juga pasti menikmati papeda jadi sekali dayung 2 3 pulau terlampaui.

Walaupun di papua ikan kuah kuning adalah pasangan wajib papeda bukan berarti ikan kuah kuning tidak bisa di santap dengan nasi. Buat kita yang kurang suka dengan papeda bisa juga membuat ikan kuah kuning untuk di santap dengan nasi dan untuk resep lengkapnya klik disini.
(resep masakan indonesia)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template