Minggu, 01 April 2012

ikan pais

ikan paisBerkunjung ke sebuah daerah rasanya kurang lengkap tanpa menikmati makanan khas dari daerah tersebut, begitu juga kalau kita sedang ada di Bengkulu rasanya juga kurang lengkap jika tidak mencicipi makanan khas bengkulu.setelah sebelumnya ada bagar hiu kini saya akan coba hadirkan makanan khas bengkulu lainnya yaitu ikan pais. Makanan kali ini berupa pepes khas Bengkulu yang berbahan dasar Ikan Gebu dan Ikan Buli. Kenikmatan menu ini sangat tepat jika dikombinasikan dengan nasi panas yang tentu mengundang selera makan Anda agar lebih bergairah.

Menu ikan pais ini konon juga menjadi menu favorit dari ir soekarno yang tak lain adalah presidan indonesia pertama. Entah ini benar atau tidak tetapi bisa menjadi benar karena dahulu beliau pernah di asingkan di bengkulu sekitar 4 tahunan dan istri beliau bernama fatmawati juga berasal dari bengkulu.

ikan pais biasanya di jajakan di pasar tradisional dan ada pula yang berjualan keliling dengan harga relatif murah kira-kira Rp. 2.000 per bungkus. Atau biasanya juga masih ada warung makan yang menyajikan makanan ini walau semaikn susah kita temui.

Alasan kenapa dipilihnya ikan buli dan gebu adalah karena jenis ikan ini tidak terlalu amis. Dan santan kelapa adalah salah satu bahan baku utamanya dengan bumbu bawang merah, bawang putih, kunyit, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas, aneka bumbu-bumbu dasar lainnya, melengkapi cita rasa makanan ini.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template