Jumat, 01 Juni 2012

pakasam

pakasamRasanya sudah sangat sering saya menampilkan kuliner khas dari indonesia bagian barat terutama jawa, untuk itu sekarang saya akan coba hadirkan sedikit ulasan tentang salah satu kuliner khas banjar kalimantan selatan, Nama kuliner yang akan saya hadirkan ini adalah pakasam. Buat orang banjar rasanya sangat keterlaluan bila tidak tau kuliner khas yang satu ini, dan buat yang di luar banjar mungkin mengira kuliner khas banjar hanya soto banjar saja, nah disini anda akan coba saya beri tahu kuliner khas banjar yang lain yaitu pakasam.


Pakasam merupakan olahan kuliner yang berasal dari ikan yang telah di awetkan (Jaruk dalam istilah banjar) dengan asam atau garam. Bisa di bilang pakasam ini adalah sejenis ikan asin tetapi setelah jadi ikan asin tidak langsung di olah, masih ada tahap lain lagi sebelum di olah menjadi berbagai masakan. Setelah ikan menjadi ikan asin kering, ikan diasami selama beberapa hari, dengan menggunakan sedikit cuka dan beri taburan dari nasi dingin / bisa juga dengan ketan yang dikeringkan dan disangrai, lalu kemudian ikut diasamkan dengan ikan tadi. Pada dasarnya semua jenis ikan tawar bisa di jadikan pakasam, tetapi yang lazim di gunakan dan konon paling enak adalah ikan sepat.

pakasam sendiri berasal dari sebuah desa yang bernama Mahang di Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, kabupaten ini lebih dikenal dengan nama ibukotanya yaitu Barabai. Pakasam ini mempunyai bau yang sangat khas dan tidak di temukan di ikan asin yang umum, bau asam yang membusuk bisa sangat menggugah selera, untuk itu pakasam ini adalah lauk yang sangat pas apalagi bila nasinya masih hangat. Mantab....

Pakasam sendiri umumnya ada dua jenis, adapakasam yang asam dan bentuknya basah, dan adajuga pakasam yang biasa dan bentuknya kering,jadi pakasam ini juga cocok untuk oleh-oleh (terutama yang kering) karena Pakasam bisa bertahan lama apalagi jika di simpan dalam lemari pendingin.

Tetapi keberadaan pakasam sebagai kuliner khas banjar sepertinya terusik oleh klaim �tetangga� kita yang memasukkan pakasam ini ke dalam 100 makanan kekayaan mereka. Padahal pakasam ini bisa masuk kesana karena memang banyak keturunan etnis banjar yang yang berwarga negara sana dan sampai sekarang masih masak pakasam ini. Berarti sebenarnya pakasam kan tetap asli indonesia, banjar kan masuknya daerah indonesia. (resep masakan)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template