Sabtu, 23 Juni 2012

peyek undur-undur

peyek undur-undurSaat ini telah masuk musim liburan sekolah dan biasanya pada saat-saat seperti ini jogja rame oleh para wisatawan, unruk itu saya akan coba hadirkan salhasatu oleh-oleh khas jogja yang bisa anda beli dan rasakan. Mungkin oleh-oleh khas jogja yang paling kita kenal adalah bakpia, tetapi karena bakpia telah saya hadirkan pada postingan tedahulu kini saya akan hadirkan oleh-oleh khas jogja yang lain yaitu peyek undur-undur atau rempeyek undur-undur.

Mungkin bila Peyek Kacang, Peyek Udang, Peyek Kedelai dan Peyek Belut sudah tidak asing lagi di telinga kita bahkan setiap orang mungkin pernah menikmatinya. Tapi pernahkah Anda menikmati peyek undur-undur ? undur-undur yang di gunakan disini bukan undur-undur yang biasa ada di pasir-pasir deket rumah (yang biasa di mainin anak-anak) tetapi jenis undur-undur yang ada di laut.

Membuat peyek undur-undur ini sebenarnya terbilang sama dengan membuat peyek pada umumnya, tetapi karena bahan yang di gunakan adalah undur-undur maka adabahan yang khusus yaitu daun jeruk yang berfungsi sebagai penghilang bau amis pada undur-undur tersebut. Bahanlainnya yang digunakan adalah tepung beras, tepung kanji,kuah santan,bawang putih,kemiri,tumbar,garam dan kencur.

Peyek undur-undur ini selain enak juga di percaya bisa menurunkan gula darah, saya sendiri tidak tau pasti tetapi para penjual peyek undur-undur selalu bilang begitu. Mungkin untuk kebenarannya bisa di tanyakan pada ahlinya kali ya.... yang jelas buat saya adalah peyek undur-undur ini sangat enak, rasanya gurih, renyah dan sedikit asin pas buat lauk tetapi enak juga kalau mau di gado.

Peyek undur-undur ini biasanya banyak di jumpai di daerah-daerah wisata pantai yang ada di jogja, jadi kalau anda sedang liburan ke panagtritis atau pantai yang lain anda pasti akan menemukan makanan yang satu ini. Peyek undur-undur sangat renyah dan gurih, bahkan undur-undur laut rasanya seperti udang. Biasanya peyek undur-undur ini di jual kiloan atau juga di jual bungkusan, jadi kita bisa memilih sesuai dengan selera kita. (resep)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template