Senin, 25 Juni 2012

lawar bali

lawar baliSelain jogja, bali adalah salahsatu daerah tujuan wisata di masa liburan sekolah seperti sekarang ini untuk itu saya akan coba hadirkan salahsatu makanan khas bali yang bisa anda coba, nama makanan ini adalah lawar atau saya menyebutnya dengan lawar bali. Saya sebut demikian karena nama lawar juga adalah makanan khas flores yang sebenarnya sangat berbeda jauh dengan lawar bali yang akan saya hadirkan saat ini.

Lawar bali ini adalah salahsatu jenis lauk yang ada di bali yang terbuat dari campuran daging cincang, sayuran, sejumlah bumbu dan kelapa, bahkan terkadang ada beberapa jenis lawar yang menambahkan darah dari daging yang di gunakan sebagai bumbu dan bahan penyedapnya. lawar sendiri pada umumnya terdapat tiga pilihan yaitu lawar babi, lawar ayam dan lawar sapi jadi silahkan anda pilih sesuai dengan selera dan keyakinan anda. menurut saya lawar ini adalah hampir mirip dengan perpaduan antara 2 jenis masakan khas indonesia yaitu perpaduan antara pepes dan trancam.

Pada awalnya lawar ini hanyalah sebuah lauk yang biasa ada di rumah atau hanya ada saat acara acara-acara tertntu, tetapi seiring dengan makin ramainya bali oleh para wisatawan saat ini lawar telah di jual luas di rumah-rumah makan yang menyajikan kuliner khas bali. Untuk anda yang tidak makan daging anda juga tetap bisa menikmati makanan ini karena saat ini juga terdapat lawar sayur.

Buat anda yang muslim sebaiknya anda berhati-hati sebelum menikmati makanan ini, pastikan apa yang akan anda makan benar-benar halal. Untuk itu agar lebih yakin akan kehalalannya silahkan klik disini untuk resep dan cara membuat lawar bali yang halal. Kekayaan kuliner indonesia memang luarbiasa dan apa yang saya tampilkan disatas adalah salahsatu buktinya.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template