Sabtu, 30 Juni 2012

es gempol

es gempolSepertinya saat ini di sebagaian besar wilayah indonesia sudah masuk musim kemarau, matahari pada siang hari terasa makin panas saja. Dan karena itu juga saat ini saya akan coba hadir dengan membawa yang seger-seger bernama es gempol. Minuman ini adalah salahsatu minuman khas jepara tetapi juga banyak terdapat di beberapa kota di jawa tengah seperti solo dan semarang.

Es gempol sendiri adalah minuman yang cukup unik, ini karena bahan yang jadi bahan dasarnya adalah nasi yang di kepal menjadi seperti bakso ( saat ini biasa di ganti dengan adonan tepung beras), Bahan lain yang digunaka adalah air santan dan air sirup. Untuk resep lengkapnya silahkan lihat disini. Gempol yang di maksud disini adalah nasi atau juga adonan dari tepung beras yang di bentuk seperti bakso, biasa gempol ini di beri warna agar lebih menarik.

Pada awalnya saya mengira es gempol ini adalah minuman khas dari solo, ternyata setelah sedikit di telisik dan browsing sana-sini akhirnya saya temukan ternyata es gempol ini adalah minuman khas jepara tepatnya dari daerah rogowangsan pati. Minuman ini seperti menjadi kuliner khas pati kerena memang es gempol sangat mudah kita temui di solo, banyak sekali para pedagang baik kaki lima atau yang sedikit lebih elite. Bisa di bilang keberadaan es gempol ini hampir mirip dengan es dawet ayu yang asli abjarnegara tetapi tersebar hampir di seluruh indonesia.

Karena saat ini cuaca sudah masuk pada musim kemarau rasanya saat anda sedang berada di jepara (yang memang tiap hari panas) anda wajib dan tidak ada salahnya menikmati es gempol ini, begitu juga bila sedang ada di semarang, solo atau daerah mana aja yang ada es gempol disitu. Tetapi buat anda yang ingin coba membuatn es gempol sendiri silahkan lihat resep dan cara membuat es gempol yang nikmat disini.

Sekian saja dari saya semoga yang segar-segar ini bisa menghilangkan dahaga anda dan bisa menambah pengetahuan kita tentang betapa kayanya negeri kita tercinta ini. Sekali lagi kenali negerimu dan cintai negerimu melalu kekayaan kulinernya.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template