Selasa, 05 Juni 2012

resep mie aceh

Disini saya hadirkan resep dan cara membuat mie aceh. Resep yang saya hadirkan ini di ambil dari beberapa sumber dan telah saya sesuaikan dengan lidah saya, jadi silahkan anda sesuaikan dengan selera anda jika yang saya tampilkan ini kurang sesuai dengan anda.

Semoga resep yang saya hadirkan ini bermanfaat bagi anda dan makin menambah pengetahuan kita tentang kekayaan kuliner yang ada di indonesia. Selamat mencoba dan semoga anda suka dengan apa yang saya hadirkan.

Bahan :
  • 1 ons daging kambing
  • 2 ons gram mie basah besar, diseduh air panas
  • 3 siung bawang putih, diiris tipis
  • 2 butir bawang merah, diiris tipis
  • 1 buah tomat, dipotong-potong
  • � l air
  • � l kaldu sapi
  • � ons taoge
  • � ons kol, diiris
  • 1 sendok makan kecap manis
  • Garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 1/2 sendok teh cuka
  • 1 batang daun bawang, dipotong-potong
  • 1 lembar daun salam

Bumbu halus :
  • 5 butir bawang merah
  • 1 butir kapulaga
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah besar, dibuang biji
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • � sdt jintan
  • � sdt merica

Bahan Acar :
  • 3 buah mentimun, dibuang biji, dipotong-potong
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh cuka
  • 1/2 sendok teh garam

Pelengkap :

  • emping goreng

Cara memasak Mie Aceh :

  1. Rebus daging kambing dan daun salam dalam air dan Setelah matang buang airnya lalu Potong-potong.
  2. Tumis bawang putih, bawang merah, dan bumbu halus sampai beraroma harum.
  3. Tambahkan potongan daging kambing tadi kemudian Aduk sampai rata.
  4. Tambahkan tomat, taoge, dan kol. Aduk hingga layu.
  5. Masukkan kecap, garam, gula pasir, kaldu sapi, dan cuka. Masak sampai meresap.
  6. Masukkan mie dan Masak sampai matang.
  7. sebelum diangkat, taburkan daun bawang. Aduk sampai rata.
  8. Sajikan mi aceh dengan acar mentimun dan emping goreng.
  9. mie aceh siap di nikmati.
Untuk 2-3 porsi (resep masakan)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template