Senin, 04 Juni 2012

tengkleng

tengklengSiang ini saya akan ajak anda kembali ke indonesia bagian barat lagi. Setelat kemarin menikmati lawar yang ada di flores, kini kita kembali ke jawa tengah tepatnya di solo dan kita akan coba menikmati salah satu kuliner khas solo yang bernama tengkleng. Sebagai salah satu kota yang menjadi tujuan wisata, ada banyak sekali kuliner khas solo yang sudah di kenal luas, kita mungkin sudah mengenal nasi liwet dan juga wedang ronde sebagai beberapa kuliner yang ada disana.

Tengkleng adalah masakan sejenis sup tetapi dengan bahan utama daging dan tulang iga kambing. Bila di lihat secara fisik, tengkleng bisa di bilang lebih mirip dengan gulai kambing tetapi dengan kuah yang lebih encer, Tetapi kuah tengkleng lebih kental di banding tongseng. Jadi tengkleng ini masakan yang ada di tengah-tengah antara 2 masakan enak lainnya yaitu gule dan juga tongseng.

Ketika sedang berada di solo rasanya anda wajib menikmati kuliner yang satu ini, Ada banyak sekali warung atau tempat makan yang menjual tengkleng, jadi silahkan anda pilih sesuai selera dan kantong anda. Tetapi kalau anda mau coba bikin sendiri silahkan lihat resepnya disini dan silahkan anda coba resep yang saya hadirkan.

Walaupun tengkleng ini mirip dengan gule dan juga tongseng, rasa dari tengkleng sangat berbeda dari keduanya. Racikan bumbu yang berpadu dengan daging dan juga tulang iga menimbulkan kenikmatan yang luar biasa dan di jamin bikin anda ketagihan. Dagingnya yang empuk dan juga kuahnya yang gurih membuat tengkleng adalah salah sau kuliner favorit saya apalagi jika tengkleng ini di nikmati saat udara dingin atau saat cuaca hujan. (oya tengkleng ini enak di nikmati saat panas atau hangat lho....)

Tetapi walaupun tengkleng ini enak banget kita juga harus hati-hati saat menyantapnya apalagi buat anda yang mempunyai darah tinggi atau kolestrol. Karena barbahan dasar daging kambing dan juga berkuah santan maka kalau bisa jangan kebanyakan dan juga jangan keseringan ya makannya. (resep masakan)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template