Senin, 23 Mei 2011

Kuliner Palu - Kaledo RM Abadi


Kuliner #153
KALEDO
RM. Abadi
Jl. Diponegoro No. 75
Telp (0451) 4792638
Palu


"Belum ke Kota Palu kalo belum mencicipi Kaledo", itu yang banyak orang bilang. Kaledo ini konon singkatan dari Kaki Lembu Donggala, nama sebuah kabupaten di Sulawesi Tengah. Wujudnya tampak seperti sop daging biasa, tapi ketika menyeruput kuahnya, wuiihhhh dahsyattttt!!! Rasa asem berpadu dengan pedas yang bener-bener menggigit lidah. Asemnya didapat dari bumbu asem dan pedasnya didapat dari cabe rawit kering yang ditumbuk hingga menyatu dengan kuahnya. Daging sapinya pun cukup lembut dan bila beruntung tulang kaki sapi yang masih mengandung sumsum akan hadir di hadapan kita. Oleh karena itu peralatan yang disajikan cukup lengkap, selain sendok dan garpu tentunya, hadir pula pisau untuk menyayat daging dan sedotan untuk menyeruput sumsum seluruppp... Harga: Rp. 37.000,-


Pada umumnya kaledo ini tidak dimakan dengan nasi tapi dengan singkong. Ya inilah salah satu ciri khas makanan pokok dari Kota Palu. Ada beberapa penjaja Kaledo di kota Palu, dan hanya buka dari pagi sampai siang hari. Ketika saya pertama kali mau mencicipinya di malam hari ternyata sudah tidak ada lagi yang buka. Baru ketika siang hari saya bisa menjajalnya. Saya menyantapnya di RM Abadi, Jl Diponegoro. Melihat dari ramainya pengunjung di sini, saya yakin bahwa saya tidak salah pilih resto. Sekali lagi, kalo ke Palu haruslah mencoba KALEDO....

 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template