Senin, 30 Juli 2012

pakat rotan

Pakat rotan Masyarakat indonesia memiliki beragam kuliner yang hanya bisa di temukan saat bulan ramadan sperti sakarang ini. jika masyarakat jogja punya kicak yang hanya ada saat ramadan maka masyarakat Tapanuli sumatra utara punya makanan khas untuk berbuka puasa yang jarang ditemui di luar bulan ramadan bernama pakat rotan. Makanan ini terbuat dari rotan yang oleh warga setempat disebut dengan nama pakat.

Sesuai dengan namanya Makanan ini terbuat dari rotan tetapi bukan sembarang rotan, hanya rotan muda yang di gunakan. rotan muda di bakar di atas sebuah tungku sekitar selama 1 jam dan setelah rotan dipastikan matang, kupas dan ambil bagian dalam rotan yang berwarna putih. Kemudian daging rotan dipotong � potong sesuai selera (biasa sekita 5 cm) dan biasanya untuk menambah kenikmatan, rotan muda dibubuhi dengan serundeng kelapa atau juga dengan sambel balacan.

Berbuka puasa dengan menu pakat rotan ini sudah menjadi tradisi bagi warga tapanuli. Saat bulan ramadan seperti sekarang ini kita akan dengan mudah menemukan penjual yang menjajakan pakat rotan di daerah tapanuli, bahkan pakat rotan ini juga sudah bisa di temukan di medan tetapi dengan harga yang lebih mahal karena bahan pakat rotan yang tetap di datangkan dari tapanuli.

Satu batang rotan muda ( 1 meter) di tapanuli biasa dijual seharga 4 hingga 6 ribu rupiah sesuai besar jenis rotan tetapi jika pakat rotan sampai di medan harganya bisa menjadi 8 sampai 10 ribu rupiah. Selain lebih mahal, pakat rotan di medan tidak bisa di jumpai di senbarang tempat seperti di tapanuli. Salahsatu tempat mendapatkan pakat rotan jika di medan adalah di sekitaran JL Letda Sujono kota Medan.

Jadi dari dari sedikit uraian di atas makin membuktikan bahwa indonesia memang surganya makanan enak dan juga aneh. Rotan yang biasanya buat bahan mebel ternyata juga bisa jadi makanan enak yang pasti tidak ada di negara lain. Untuk itu tidak ada alasan tidak cinta sama indonesia. ( kumpulan resep)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template